Visi Misi PSIK FK UGM

Visi PSIK UGM

Menjadi pusat pengembangan profesi keperawatan di bidang pendidikan,penelitian, pelayanan masyarakat yang manusiawi dan berbudaya tinggi ditingkat nasional dan regional dengan standar internasional pada tahun 2021.


Misi PSIK FK UGM

Mengembangkan Program Studi secara inovatif dan kreatif, sinergis didasarkan pada moral dan etika perawatan selaras dengan kemajuan global:

  1. Pendidikan: Mengembangkan program dan meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pelayanan keperawatan yang inovatif dan kreatif untuk memenuhi kebutuhan tenaga keperawatan yang bermoral, etis dan yang bermutu tinggi, didukung oleh staf profesional dengan standar nasional dan internasional.
  2. Penelitian: Meningkatkan kegiatan penelitian dibidang keperawatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan pelayanan melalui ilmu dan teknologi keperawatan,sesuai kebutuhan dan kecenderungan perkembangan masa yang akan datang.
  3. Pelayanan: Memberikan pelayanan pendidikan(pelatihan dan konsultasi) dan pelayanan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan keperawatan dan didukung oleh staf profesional dengan standar nasional dan internasional
  4. Fasilitas: Memberikan fasilitas untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pelayanan keperawatan, baik bagi mahasiswa,masyarakat maupun civitas akademika.
  5. Kerjasama: Melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan, penelitian, dan pelayanan keperawatan berskala nasional, regional, dan internasional


Filosofi Pendidikan CARE
Program Keperawatan di Fakultas Kedokteran UGM mengikuti filosofi CARE yang telah menjadi kepercayaan dan prinsip bagi seluruh akademisi dalam melakukan kegiatan di program tersebut. CARE, yang merupakan singkatan dari Competence, Altruistic, Respect and Empathy, juga bisa berarti asuhan dalam bidang keperawatan. Dengan demikian, CARE berarti bahwa semua akademisi dalam studi program ini adalah mereka yang peduli dan empati terhadap orang lain, mengutamakan kepentingan orang lain, program dan negara dan negara serta menghormati orang lain dan bekerja sebagai profesional.

Dalam kehidupan sehari-hari, CARE menjadi semangat dalam program studi. Tridarma diubah menjadi kegiatan yang dirancang untuk menginspirasi siswa dan akademisi untuk peduli dan empati untuk pasien dan klien mereka dan juga menghormati mereka dan semua anggota tim kesehatan. Mereka juga didorong untuk mencari yang berinteraksi dengan mereka dalam melakukan perawatan medis, memprioritaskan kepentingan pasien, masyarakat dan bangsa dan negara.

Filosofi CARE ini selaras dengan visi dan misi UGM yang terkandung dalam semboyan "berakar secara lokal, dihormati secara global". Ungkapan "Mengakar Kuat" menandakan Altruistik,Respect, Empati sementara kata-kata "Menjulang Tinggi" mewakili Competence
.