Spesifikasi Program

Spesifikasi Program
Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada didirikan sejak tahun 1998 dengan jumlah alumni 1932. Jumlah kredit dalam fase akademik adalah 154 satuan kredit semester (SKS) dalam 8 semester dan jumlah kredit dalam fase profesi 40 SKS dalam 15 bulan. Tugas akhir dalam program ini adalah skripsi.

Program studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada telah disertifikasi oleh LAMPTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan) dengan kualifikasi "A" (2014-2019). Jumlah dosen adalah 36 orang dengan kualifikasi minimum Master. Tingkat Kompetensi di Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) adalah tingkat 7.

Tujuan Program
Menghasilkan Ners yang mempunyai kemampuan akademik profesional keperawatan, berkemampuan manajerial dibidang keperawatan yang handal,inovatif dan kreatif berstandar internasional, etis, humanis, berbudaya dan berkualitas tinggi dalam pengelolaan pelayanan keperawatan di rumah sakit, masyarakat,  institusi pendidikan serta lembaga lainnya. Mampu bersaing di tingkat lokal, regional maupun internasional.

Kompetensi Lulusan

1.Kompetensi utama :
a. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional di klinik dan, dan komunitas
b. Mampu menerapkan etik dan legal dalam praktik keperawatan
c. Mampu mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen keperawatan
d. Mampu mengembangkan profesionalisme secara terus menerus atau belajar sepanjang hayat
e. Mampu menjalin hubungan interpersonal
f. Mampu berkomunikasi efektif dengan memperhatikan unsur lintas budaya
g. Mampu melakukan penelitian

2. Kompetensi pendukung :
a. Mampu  menerapkan tanggung jawab kebangsaan dan sosial dalam keperawatan
b. Mampu bekerjasama dalam konteks pelayanan kesehatan (colabolator)
c. Mampu menerapkan manajemen dan teknologi informasi dalam pelayanan keperawatan

3. Kompetensi lainnya yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama :
Mampu mengembangkan semangat, jiwa, kemampuan dan ketrampilan kewirausahaan sesuai situasi dan budaya lokal sera berdayaguna dalam lintas bidang

Metode Pembelajaran
a.Kuliah, responsi
b.Diskusi Kelompok (tutorial)
c.Metode lain selain PBL
d.Praktikum di Laboratorium dan Ketrampilan Klinik Keperawatan (Skills Lab)
e.Pengalaman Belajar Lapangan
f.Model pembelajaran seminar dan penelitian
g.Pendidikan Klinik (Profesi Ners) di Rumah Sakit dan Puskesmas/Lapangan

Dalam kegiatan praktek klinik selama pendidikan program profesi, mahasiswa berkesampatan mempraktekkan ilmu/teori yang telah dipelajari selama kuliah. Selain di RSUP Dr. Sardjito, kegiatan praktek klinik juga diselenggarakan di beberapa rumah sakit pendidikan utama, rumah sakit jaringan, dan puskesmas atau pusat kesehatan lain yang ditunjuk.

Fasilitas
• Sarana di dalam kampus terletak di Gedung Ismangoen, terdiri dari Skills Lab Keperawatan, Ruang Kuliah, Ruang Dosen & Administrasi serta Ruang Auditorium.
• Sarana lain bagi mahasiswa PSIK FK UGM antara lain halaman yang luas, tempat parkir, mushola. Adanya laboratorium terpadu yang baru serta perpustakaan yang lengkap menjanjikan  bagi mahasiswa pelayanan sumber belajar yang menarik dan penuh harapan. Semua sarana ini digunakan bersama-sama dengan seluruh civitas akademika FK UGM.
• Tempat praktek untuk kegiatan profesi antara lain RSUP. Dr. Sardjito, RSUD Banyumas, RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro, RS.Grhasia Pakem, Puskesamas Imogiri, Depok dan Mlati, Panti Wredha Abiyoso, dan Panti Wredha Budhi Luhur.

Sarana  lain  yaitu adanya kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri memungkinkan mahasiswa untuk dapat mengikuti program student exchange, dan bagi yang berminat untuk bekerja di luar negeri,  dapat memanfaatkan program yang dikembangkan Program Studi Ilmu Keperawatan.

Kriteria Masuk

Mengadu kepada http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan

Metode Evaluasi dan Peningkatan Kualitas dan Standar Proses Pembelajaran

• Ujian Akhir Blok/Ujian Tengah semester/Ujian Akhir semster
• Evaluasi Satu Tahun pertama (2 semester pertama)
• Evaluasi dua tahun  pertama ( 4 semester pertama)
• Evaluasi Akhir Program Pendidikan Sarjana
• Evaluasi Akhir Tahap Profesi
• Evaluasi Proses Belajar Mengajar oleh mahasiswa
• Evaluasi kinerja staf  akademik dan non akademik