Profil Program Studi Magister Keperawatan

PSMK Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) diselenggarakan berdasarkan SK Rektor UGM No.449/P/SK/HT/2011, dan secara resmi operasional  pelaksanaan perkuliahan dimulai pada Februari 2012 (Semester Genap tahun akademik 2011/2012).  Seiring berjalannya waktu, program magister ini mengikuti proses akreditasi dan hasil akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tahun 2014 adalah B. 

Seiring dengan visi misi UGM, PSMK FK UGM juga turut aktif didalam kegiatan nasional dan international. Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya Memorandum of Understanding (MOU) PSMK FK UGM dengan berbagai instansi baik didalam maupun luar negeri. MOU yang terjalin bersifat aktif melalui berbagai kegiatan kerjasama seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, kuliah tamu instansi kerjasama, penelitian bersama, international joint-seminar, dan sebagainya. Salah satu instansi yang cukup intens berhubungan dengan PSMK UGM adalah University of Tasmania (UTAS), Australia.

MOU antara Universitas Gadjah Mada dan University of Tasmania disahkan pada tanggal 21 Februari 2014 dan akan berakhir masa berlakunya pada 21 Februari 2017. Lingkup area kerjasamanya meliputi pengembangan profesi, aktivitas riset bersama,  joint scholarly & teaching activities,  dan pertukaran dosen. Pada tahun 2015 perintisan perluasan kerjasama dengan UTAS mulai didiskusikan. UGM dan UTAS bersepakat untuk menginisiasi suatu program untuk meningkatkan kapasitas insan keperawatan di Indonesia. melalui Program Double Degree Magister Keperawatan FK UGM dengan School of Health Sciences, University of Tasmania. Prinsip kerjasama yang dibangun oleh Program Magister Keperawatan UGM dengan Nursing University of Tasmania berprinsip kemitraan dan memiliki mutual benefit.